Perayaan Hari Kathina 2562 BE/2018 STIAB Smaratungga

Pembukaan Perayaan Hari Kathina 2562 BE/2018 "Harmoni Kathina Kobarkan Api Persaudaraan Pemuda Bangsa" yang dilaksanakan STIAB Smaratungga, Rabu (21/11/2018) jam 08.00 pagi di Auditorium STIAB Smaratungga berlangsung penuh meriah dan kebahagiaan. Pembukaan Perayaan Kathina diikuti Dosen, Pejabat struktural dan seluruh Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
Hari Kathina merupakan upacara khusus pemberian dana, bagi para umat kepada Bhikkhu Sangha yang berlangsung satu bulan setelah para Bhikkhu menyelesaikan masa vassa selama tiga bulan.
Dalam masa vassa tersebut, para Bhikkhu melaksanakan tekadnya untuk berdiam di suatu vihara, dan membabarkan dhamma. Selama tiga bulan masa vassa, para Bhikkhu tidak boleh pergi kemana-mana kecuali ada keperluan yang penting.
Jadi setelah masa vassa berakhir, umat Buddha memasuki bulan Kathina. Hari Kathina ini saat yang ditunggu-tunggu baik oleh para Bhikkhu maupun umat Buddha, yaitu saat kesempatan yang hanya satu tahun sekali bagi umat Buddha untuk mempersembahkan vicara/jubah dan berdana kebutuhan pokok kepada Bhikkhu untuk perkembangan dan kemajuan Agama Buddha.(Widyo)

Share: