AYUTTHAYA, THAILAND- Bertempat di kompleks Mahachulalongkornrajavidyalaya University, Gedung IBSC (International Buddhist Studies College) diresmikan. Gedung yang berdiri megah diantara seluas lebih dari empat hektar ini terdiri dari lima lantai. 

Peresmian dihadiri delegasi Universitas dari seluruh dunia anggota dari IABU (International Association of Buddhist Universities). Pada kesempatan ini Ketua STIAB Smaratungga Ven. Budi Utomo Ditthisampanno, M.A. dan Ketua Program Studi Magister Dharma Achariya Ven. Dr. Sulaiman Girivirya, M.Pd. mewakili lembaga turut hadir bersukkhacitta.

Acara dimulai dengan penyalaan lilin, dilanjutkan dengan laporan, dan sambutan oleh Rektor, The Most Venerable Prof. Dr. Pra Brahmapundits. Dalam sambutannya Ia menekankan bahwa pembangunan gedung pertama dari empat gedung serupa ini merupakan rencana jangka panjang dimulai dari tahun 2000 diperuntukan kepada mahasiswa internasional.

"Seperti kebiasaan tradisi Theravada dalam mempersembahkan sesuatu 'Imani Bhante dan seterusnya' maka gedung ini dipersembahkan kepada Sangha segenap penjuru, artinya gedung ini milik kita bersama, digunakan bagi para mahasiswa maupun dosen dalam melakukan riset dan belajar," Katanya dalam sambutan.  

Peresmian gedung IBCS ini menjadi aspirasi untuk mengembangan ajaran Buddha di seluruh dunia tidak hanya di asia. Genta yang dibunyikan sebagai simbol diresmikannya penggunaan gedung ini dan bergaung ke seluruh penjuru dunia. Semoga Buddhasasana terus berkembang memberikan manfaat pencerahan bagi banyak orang. 

Semoga semangat kebahagiaan dari peresmian gedung baru ini dapat menular hingga ke tanah jawa, STIAB Smaratungga. Sadhu!

Share: