JELAMBAR, JAKARTA BARAT- "Anak yang baik, tiap hari bangun pagi. Tidaklah lupa hari minggu ke wihara." ... Lantunan lagu ini pada era akhir 90-an telah berkumandang di sekolah minggu Buddha wihara-wihara se-Indonesia. Lantunan nadanya bersahaja dan menenangkan. Lirik lagunya mudah diingat, dan menginspirasi. Ada pula yang selalu membuat orang-orang menangis saat mendengarkan lagu berjudul "Sujudku".   Hingga belasan tahun lagu-lagu ini masih diingat dan menjadi kenangan. Menginspirasi, ada pula dikarenakan lagu ini terus mempertahankan keyakinannya kepada TRIRATNA. Melalui lagu ternyata Yang Mulia Mahathera Saddhanyano, CPS®® mengajar Dharma memberi penerangan. 

Di usianya yang ke 47 (empat puluh tujuh) tahun ini, acara peringatan hari kelahiran Beliau diadakan dengan sederhana. Ketua panitia Oh Kim mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bhante. Mengapa? Karena baru kali ini Bhante bersedia dirayakan ulang tahun. Acara bertempat di Wihara Dharma Bhakti, hari ini 20 Juni 2017, Pukul 18-an, lantunan lagu-lagu ciptaan Beliau dilantunkan. Sekitar Pukul 21:20 WIB, nyanyian Selamat ulang tahun dikumandangkan, menandakan puncak acara Hari Ulang Tahun Bhante Saddha. 

Dalam sambutannya, yang akrab dipanggil Bhante Sadha ini, mengungkapkan rasa haru, syukur, dan sedih. Dua nilai yang membuatnya terus menjadi Bhikkhu adalah tulus dan syukur. Ungkapan syukur dan berterima kasih kepada kedua orangtuanya karena telah mengizinkan dirinya untuk menjadi Bhikkhu. Beliau bersedih merayakan ulang tahun dan mendedikasikan Doa-doa dalam acara hari kelahiran ini kepada kedua orang tuanya yang sedang sakit. Untuk itulah Ia bersedia merayakan sembari berdoa mendedikasikan segala kebajikan kepada kedua orang tuanya. Kepada para tamu undangan, umat Buddha yang selama ini telah mendukung beliau dalam berlatih dan berkarya Bhante pun 'tak lupa mengucapkan terimakasih mendalam. 

Bagi para muridnya Bhante Saddha adalah Guru yang luar biasa. Tidak hanya dari karya-karyanya yang ditujukan kepada umat, akan tetapi tidak satu pun kata-kata tercela yang pernah didengar keluar dari mulut sang Guru. Selamat Hari Berkelanjutan Bhante, semoga terus mengajar Dharma, dan menjadi teladan. Semoga Ayah dan Ibu Bhante senantiasa tenang seimbang, kuat, sehat dan berbahagia. YM Bhikkhu Saddhanyano Menginspirasi Lewat Karya Lagu Anak dan Teladan. Sadhu.

Share: